Cara Menggunakan Whatsapp Bisnis Dan Kegunaanya

Cara Menggunakan Whatsapp Bisnis Dan Kegunaanya – Internet menghadirkan kemudahan dalam melakukan bisnis, berkat dukungan berbagai aplikasi, seperti media sosial serta aplikasi pesan instan. Menyadari ketergantungan pebisnis pada layanannya, WhatsApp meluncurkan akun versi bisnis pada bulan September 2017 lalu.

Indonesia menjadi negara Asia pertama yang sudah bisa menggunakan WhatsApp Business di platform Android bersama empat negara lain yaitu Italia, Meksiko, Inggris dan Amerika Serikat.

Akun versi bisnis ini tampil serupa dengan aplikasi Whatsapp versi reguler, namun berbekal sejumlah fitur yang memungkinkan pelaku bisnis berkomunikasi secara efektif dengan konsumen. Berikut cara menciptakan akun profil bisnis WhatsApp.

Yang Baru dari Fitur WhatsApp Bisnis

Pada WhatsApp Bisnis versi 2.18.2, setidaknya ada empat perbedaan mendasar yang ditawarkan aplikasi berbasis media sosial untuk bisnis ini, berikut fitur terbaru dari WhatsApp Bisnis yang kami temukan.

1. Memungkinkan Penggunaan Nomor Telepon Perusahaan

Sebagaimana kita ketahui, pada WhatsApp messenger biasa, kita hanya dapat menggunakan nomor telepon selular untuk mendaftar pada akun WhatsApp. Nah, pada WhatsApp Bisnis, nomor perusahaan bisa Anda daftarkan sebagai nomor WA, hal ini tentu memudahkan kita dalam memisahkah antar percakapan pribadi dengan urusan bisnis.

Tapi ingat ya, nama yang Anda daftarkan pada akun bisnis tidak dapat dirubah, oleh karena itu, pikirkan matang-matang nama serta nomor yang mau Anda gunakan saat mendaftar WhatsApp Bisnis.

2. Tampilan Profil Bisnis pada Akun WhatsApp

Disana terdapat beberapa kolom yang dapat Anda isi sesuai dengan identitas perusahaan. Mulai dari profil singkatalamat, website bisnis, email, serta jam aktif perusahaan.

Untuk lebih jelasnya, dibawah ini contoh tampilan akun WhatsApp Bisnis.

Cara Menggunakan Whatsapp Bisnis Dan Kegunaanya
Cara Menggunakan Whatsapp Bisnis Dan Kegunaanya

Untuk bisnis yang belum terverifikasi oleh pihak WhatsApp, maka dibawah tulisan nama bisnis Anda akan terlihat keterangan “Unverified Business” yang mengindikasikan bahwa nomor Anda belum diverifikasi oleh pihak WhatsApp.

Baca Juga  Cara Indeks Blog Dengan Mudah di Bing

Sampai tulisan ini dibuat, fasilitas verifikasi WhatsApp Bisnis masih dibatasi pada sejumlah kecil bisnis yang berpartisipasi pada pilot program dan belum dibuka untuk publik. Rilis resmi mengenai hal ini dapat Anda baca pada rilis di tautan berikut: FAQ WhatsApp Bisnis

3. Hadirnya Fitur Pesan Otomatis

Pada layanan surat elektronik (email), kita sudah terbiasa dengan fitur auto-responder, vacation message, dan semacamnya. Nah fitur-fitur seperti ini pula yang ditambahkan pada WhatsApp Bisnis.

Ada tiga layanan pesan tambahan yang dapat Anda gunakan, diantaranya Away Message (respon otomatis ketika kita tidak sedang membuka WhatsApp), Greeting Message (untuk menyapa setiap nomor baru yang mengontak Anda), serta Quick Replies (template pesan instan menggunakan kode bot seperti: /thanks untuk pesan yang lebih panjang)

4. Statistik Interaksi di WhatsApp Bisnis

Data statistik pesan yang diterima dan terkirim melalui WhatsApp bisnis akan direkam secara otomatis. Hal ini tentunya dapat memudahkan bisnis kamu juga dalam mengevaluasi kinerja customer care.

Data yang direkam antara lain berapa banyak pesan yang terkirim, pesan yang sampai, hingga berapa pesan yang terbaca oleh orang lain. Pada bagian bawah, Anda bisa mengetahui pula jumlah total pesan yang telah diterima oleh akun WhatsApp Bisnis Anda.

Dari penjelasan diatas, sudah terbayangkan bagaimana powerfulnya jika anda memiliki akun WhatsApp Bisnis.Jika Anda masih penasaran utnuk melihat tampilan akun WhatsApp Bisnis secara langsung, bisa Anda buka tampilan akun kami di nomor ini.

Cara Menggunakan Whatsapp Bisnis Dan Kegunaanya
Sending
User Review
5 (3 votes)
Like & Share
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

Leave a Reply

Close Menu