Plugin Wajib WordPress Terbaik untuk Anda Install Untuk Website

Plugin Wajib WordPress Terbaik untuk Anda Install Untuk Website

Plugin Wajib WordPress Terbaik untuk Anda Install Untuk Website – Salah satu keuntungan menggunakan WordPress, Anda tidak perlu menguasai coding ketika ingin menambahkan fitur tertentu pada website.

Anda hanya perlu melakukan instalasi plugin yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebagai contoh, ketika Anda ingin menambahkan form kontak, Anda hanya perlu melakukan instalasi plugin Contact Form 7.

Sehingga dapat disimpulan, jika plugin WordPress memiliki fungsi untuk menambahkan fitur baru pada website WordPress dengan mudah.

Pastikan Hal Berikut Sebelum Melakukan Instalasi Plugin

1. Ketahui Kualitas Plugin
Sebelum Anda menggunakan plugin, cari tahu kualitas yang dimiliki oleh plugin tersebut. Caranya, Anda dapat melihat rating dari review para pengguna, Anda hanya perlu mengunjungi direktori plugin WordPress.

2. Ketahui Fungsi Plugin yang Akan Diinstal
Selain mengetahui kualitas plugin, Anda juga harus mengetahui fungsi yang dimiliki oleh plugin yang akan diinstal. Jangan sampai Anda menggunakan lebih dari satu plugin dengan fungsi yang sama.

Fungsi Plugin yang Akan Dibahas

Berikut adalah fungsi yang dimiliki plugin wajib WordPress yang akan kami bahas pada artikel ini.

1. Plugin Backup Website
2. Plugin Keamanan Website
3. Plugin Kecepatan Website
4. Plugin SEO
5. Plugin Sosial Media
6. Plugin Untuk Menghapus Komentar Spam
7. Plugin Untuk Membuat Form

Berikut adalah Daftar Plugin Wajib WordPress

1. Plugin Backup Website
Tahukah Anda kenapa plugin backup sangat penting?

Plugin backup adalah salah satu plugin Wajib WordPress yang harus Anda instal. Plugin ini akan berfungsi untuk mengembalikan data website ketika terjadi masalah pada website Anda, biasanya karena tidak sengaja menghapus file, kesalahan server atau bahkan terkena serangan peretas.

Tentu ketika Anda membuat website dan mengelolanya tidak akan selalu berjalan mulus, suatu saat Anda akan menemukan error dan pilihannya adalah instal ulang WordPress atau mengembalikan backup WordPress.

Supaya dapat dengan mudah mengembalikan backup file website, berikut adalah plugin wajib WordPress yang dapat Anda gunakan untuk melakukan backup.

a. UpdraftPlus
plugin backup wordpress

UpdraftPlus merupakan plugin yang dapat digunakan untuk melakukan backup dan restore data pada website WordPress.

Untuk file backup dapat Anda download atau langsung di simpan ke salah satu penyimpanan cloud seperti Google Drive, Dropbox dan pilihan penyimpanan lainnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut, silakan kunjungi tutorial cara backup WordPress dengan plugin UpdraftPlus.

Plugin ini terbilang cukup populer, terbukti dengan pengguna aktif lebih dari 1 juta pada saat artikel ini ditulis.

Rating yang dimiliki oleh UpdraftPlus juga cukup tinggi, hal ini karena banyak pengguna yang terbantu oleh fitur yang disediakan.

Fitur:

Backup otomatis dan manual
Penyimpanan luar atau di server sendiri
Pemberitahuan email jika backup selesai
Restore data mudah
dll

b. BackWPup
plugin backup wordpress backWPup

Untuk tempat penyimpanan backup dari plugin BackWPup ini tidak jauh berbeda dengan UpdraftPlus. Anda dapat menyimpan file backup ke penyimpanan eksternal seperti FTP server atau Dropbox dengan format seperti zip. tar, tar.gz.

Fitur:

Export XML WordPress
Optimasi database
Repair database
Pengecekan database
Backup database
dll

2. Plugin Keamanan Website
Meskipun WordPress dikenal aman, pastikan Anda menginstal plugin keamanan untuk antisipasi dari serangan. Keamanan adalah masalah utama sebuah website, tidak terkecuali WordPress.

Baca Juga  Pentingnya Website Untuk Toko Online

Jadi sangat direkomendasikan menginstal plugin keamanan supaya website Anda dapat terhindar dari serangan. Berikut ini adalah plugin yang kami rekomendasikan untuk Anda instal salah satunya.

a. iThemes Security
plugin wajib wordpress untuk keamanan

Plugin ini dapat memperbaiki celah pada website WordPress Anda yang berpotensi terkena serangan otomatis yang berasal dari script tertentu. Pada umumnya pengguna WordPress tidak mengetahui jika terdapat celah keamanan pada website mereka, sehingga dengan adanya plugin ini hal tersebut dapat diantisipasi.

Ada banyak penyebab kenapa terdapat celah pada website WordPress Anda, salah satunya karena plugin lain yang Anda instal. Jika hal tersebut terjadi, plugin ini dapat melakukan identifikasi dan memeperbaiki celah tersebut.

Fitur:

iThemes Sync
Proteksi brute force
Monitor website
Ubah URL admin
dll

b. Jetpack
jetpack plugin wajib wordpress

Jetpack memiliki fitur yang terbilang cukup lengkap, mulai dari keamanan, performa, tool konten dan statistik pengunjung jadi satu dalam plugin ini.

Untuk fitur keamanan yang dimilikinya yaitu Protect dan Monitor. Fitur Protect akan melindungi website Anda dari serangan brue force. Ini adalah jenis serangan yang akan mencoba login terus menerus ke website Anda sampai menemukan password yang benar.

Plugin ini akan memberikan batasan jumlah login yang dilakukan berdasarkan durasi, sehingga serangan tersebut dapat dengan mudah ditangani.

Untuk fitur Monitor, memiliki fungsi ketika terjadi gangguan pada server atau website Anda tidak dapat diakses. Kemudian, Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email mengenai hal tersebut.

Fitur:

Monitoring downtime
Keamanan login
Proteksi serangan brute force
CDN gambar
dll

c. Wordfence
wordfence plugin keamanan wordpress
Lebih dari 2 juta instalasi aktif dengan rating 4.8 dari 5 pada saat artikel ini ditulis, membuktikan plugin ini memiliki performa yang cukup baik.

Wordfence Security adalah salah satu plugin wajib WordPress yang dapat digunakan untuk keamanan website. Plugin ini menawarkan perlindungan terhadap serangan brute force, pemberitahuan cepat jika adanya masalah keamanan.

WordFence akan melakukan pengecekan jika situs sudah terinfeksi dengan cara membandingkan script website dengan script yang ada di repository WordPress untuk template, file utama dan plugin.

Jika Anda ingin mengamankan website dengan fitur yang lebih lengkap, dapat mencoba versi berbayar dari plugin ini, dimana terdapat fitur blokir negara, two-step authentication dan lainnya.

Fitur:

Blokir brute force
Pemberitahuan masalah keamanan
Keamanan login
dll

3. Plugin Kecepatan Website
Tahukah Anda jika kecepatan website adalah salah satu faktor penentu rangking yang digunakan algoritma Google?

Sehingga kecepatan sebuah website adalah hal yang sangat penting supaya dapat bersaing di hasil pencarian Google.

Kecepatan website juga tidak hanya penting untuk bersaing di mesin pencari, tapi penting juga untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Berdasarkan data Google, sebanyak 53% pengunjung akan meninggalkan website jika waktu loading lebih dari 3 detik.

Salah satu keuntungan membuat website dengan CMS WordPress yaitu tersedianya berbagai jenis plugin yang dapat digunakan untuk optimasi, salah satunya adalah plugin untuk meningkatkan kecepatan website.

Berikut adalah plugin wajib WordPress untuk meningkatkan kecepatan website yang dapat Anda gunakan, silakan gunakan salah satunya.

a. W3 Total Cache
w3 total cache

Baca Juga  Cara Menggunakan Whatsapp Bisnis Dan Kegunaanya

W3 Total Cache dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kecepatan website WordPress. Karena plugin ini memiliki pengaturan untuk pengguna level mahir, sehingga sangat cocok untuk Anda yang sudah terbiasa mengelola website WordPress.

Fitur:

CDN Support
Minifying
Database caching
Browser caching
dll

b. WP Super Cache
wp super cache

WP Super Cache merupakan salah satu plugin untuk meningkatkan kecepatan website dengan jumlah instalasi aktif mencapai lebih dari 1 juta dengan rating 4.3 dari 5.

Plugin ini menghasilkan file html statis dari website WordPress Anda kemudian akan ditampilkan ketika ada pengunjung yang mengakses website Anda.

Fitur:

Mendukung banyak tipe caching
File html statis
Mendukung CDN

4. Plugin SEO
Mesin pencari merupakan sumber utama pengunjung untuk sebuah website yang bisa didapatkan secara gratis. Sehingga persaingan di mesin pencari cukup ketat.

Oleh karena itu pastikan website Anda mendapatkan peringkat terbaik. Ada banyak faktor supaya mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencari, salah satunya adalah dengan meningkatkan SEO website.

Jika Anda menggunakan WordPress, akan dimudahkan dengan adanya berbagai jenis plugin SEO untuk mendatangkan pengunjung dari mesin pencari.

Silakan gunakan salah satu plugin SEO berikut ini untuk meningkatkan SEO website Anda.

a. All in One SEO Pack
plugin seo wordpress

Lebih dari 3 juta instalasi aktif, All in One SEO pack merupakan salah satu plugin SEO yang memiliki banyak pengguna. Plugin ini menawarkan fitur dan pilihan untuk Anda yang ingin membuat blog yang SEO friendly dengan menggunakan WordPress.

Plugin ini sangat cocok bagi Anda yang masih pemula, karena website sudah teroptimasi meskipun hanya menggunakan pengaturan bawaan. Anda juga dapat melakukan pengaturan lanjutan jika sudah memahami fungsi yang dimilikinya.

All in One SEO pack secara otomatis akan melakukan optimasi judul dari postingan website Anda, sehingga memenuhi kriteria Google. Selain itu Anda juga dapat menambahkan meta deskripsi, meta keyword serta meta title sesuai yang diinginkan.

Fitur:

Sitemap XML
Sitemap XML gambar
Mendukung Google Analytics
Pemberitahuan otomatis ke mesin pencari
dll

b. Yoast SEO
plugin wajib wordpress seo

Yoast SEO memiliki pengguna yang lebih banyak jika dibandingkan plugin SEO lainnya. Saat artikel ini ditulis sudah mencapai lebih dari 5 juta instalasi aktif.

Plugin ini menawarkan fitur dan pilihan yang dapat Anda gunakan untuk melakukan optimasi website WordPress dengan mudah. Tapi setelah melakukan instalasi, Anda harus melakukan pengaturan Yoast SEO terlebih dahulu.

Anda dapat melakukan berbagai optimasi pada website termasuk membuat sitemap XML. Menariknya, plugin ini memiliki fitur yang dapat melakukan analisa pada konten yang dibuat. Sehingga Anda akan mengetahui apakah konten yang akan dipublish sudah optimal atau belum.

Anda juga dapat melakukan pengaturan optimasi sosial media seperti Facebook dan Twitter. Sehingga website Anda memiliki struktur yang lengkap ketika postingan dibagikan melalui sosial media.

Fitur:

Page analysis
Element meta dan link
Sitemap XML
Breadcrumbs
Edit file .htaccess dan robot.txt
dll

5. Plugin Sosial Media
Untuk memudahkan pengunjung membagikan konten yang Anda buat ke sosial media, Anda akan memerlukan plugin sosial media.

Ada banyak pilihan plugin yang dapat Anda gunakan, sehingga akan menguras banyak waktu untuk menemukan mana yang tepat.

Baca Juga  Inilah 4 Tips Memilih Social Media Sebagai Sarana Promosi

Untuk memudahkan Anda menentukan plugin mana yang sesuai kebutuhan, berikut ini kami bahas beberapa diantaranya.

a. SumoMe
plugin wajib wordpress sumome

Plugin ini memiliki banyak fitur yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan popularitas website WordPress Anda. Salah satunya adalah fitur untuk membagikan artikel ke sosial media, baik pengunjung dari desktop atau mobile.

Selain pengunjung dapat membagikan artikel, pengunjung juga dapat membagikan gambar yang ada di artikel Anda disertai link ke artikel.

Sehingga kesempatan konten Anda dibagikan oleh pembaca ke akun sosial medianya akan lebih besar, karena mereka banyak pilihan untuk membagikan konten, berupa artikel atau hanya gambar dari artikel saja.

Fitur:

Share dengan cara blok tulisan
Statistik
Share gambar
Share mobile
dll

b. AddThis
plugin share

Plugin sosial media selanjutnya yang dapat Anda gunakan adalah AddThis. Plugin ini memiliki fitur yang cukup menarik. Terdapat lebih dari 200 jenis sosial media untuk membagikan konten, seperti Facebook Share, Facebook Like, Twitter, Google+ dll.

Tombol yang disediakan oleh plugin ini juga terbilang cukup sederhana, sehingga tidak terlalu mempengaruhi kecepatan website.

Fitur:

Statistik jumlah share
Mobile share
Posisi tombol share awal/akhir konten
Tombol share melayang
Mendukung Google Analytics

6. Plugin Untuk Menghapus Komentar Spam
Setiap hari komentar spam terus bertambah, oleh karena itu gunakanlah plugin untuk mengatasinya.

Akismet
akismet plugin wajib wordpress

Akismet akan membantu Anda melakukan penyaringan komentar spam. Komentar spam sendiri biasanya berisi komentar yang tidak sesuai dengan artikel yang Anda bahas di blog.

Komentar jenis ini kebanyakan berasal dari script yang dijalankan secara otomatis. Akibatnya website Anda akan menerima banyak komentar yang tidak nyambung dengan isi artikel.

Akismet akan mengecek semua komentar dan menyaring komentar spam.

Anda dapat menggunakan plugin ini secara gratis untuk mengelola website pribadi.

Fitur:

Filter komentar spam
Menampilkan jumlah komentar disetujui
Database spammer yang lengkap
Harga: gratis

Cek Detailnya
7. Plugin Untuk Membuat Form
Form kontak pada website adalah bagian yang juga penting, hal ini supaya memudahkan pengunjung mengubungi Anda. Mereka hanya perlu memasukkan nama, alamat email dan isi pesan langsung melalui website Anda. Sehingga mereka tidak perlu menghubungi Anda dengan mengirimkan email.

Untuk Anda yang menggunakan CMS WordPress, membuat form kontak akan lebih mudah dengan adanya bantuan plugin, brikut plugin yang dapat Anda gunakan.

Contact Form 7
plugin kontak

Contact Form 7 dapat Anda gunakan untuk mengelola lebih dari satu form kontak. Anda dapat melakukan pengaturan tampilan dan menambah fasilitas seperti menambahkan fitur untuk mengirimkan file.

Plugin ini memiliki pengguna yang cukup banyak, lebih dari 5 juta instalasi aktif pada saat artikel ini ditulis.

Fitur:

Upload File
reCaptcha
Integrasi Akismet
dll

Itulah beberapa plugin wajib WordPress yang dapat diinstal ketika Anda membuat sebuah website dengan CMS WordPress. Meskipun, masih banyak pilihan plugin lain yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan, tapi beberapa daftar plugin yang kami bahas sudah dapat digunakan untuk optimasi website Anda.

Sending
User Review
5 (1 vote)
Like & Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply